Tips kesehatan

Manfaat Air Alkali Bagi Kesehatan Tubuh-Apa ada Efek nya?

27Views

Manfaat Minum air alkali–  bagian dari tubuh manusia adalah terdiri dari air. Makanya air minum telah menjadi kebutuhan utama untuk kita konsumsi. Untuk mencukupi kebutuhan tubuh , bahkan anda disarankan untuk minum sampai 8 gelas sehari. Manakha air minum yang baik kita konsumsi?

Adalah air alkali yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, Apakah manfaat air alkali bagi tubuh?

Berikut ini manfaat dari air alkali yang dibutuhkanleh tubuh manusia.

Air alkali seringkali diklaim sebagai air yang sangat menyehatkan. Perbedaan dari air alkali dengan air minum yang biasa dikonsumsi sehari-hari adalah kandungan mineral yang terdapat di dalamnya sehingga membuatnya bersifat basa. Air minum biasanya memiliki kandungan pH mendekati angka 7. Sedangkan, air alkali memiliki pH di angka 8 atau 9 yang bersifat basa.

Mengapa air minum dengan tingkat basa yang tinggi diperlukan bagi tubuh? Air alkali dipercaya mampu mengondisikan cairan dalam tubuh, terutama darah, yang dianggap mengandung terlalu banyak asam. Normalnya, darah manusia memiliki tingkat pH sekitar 7.4, yang berarti sedikit basa. Penting bagi tubuh untuk memiliki tingkat pH yang seimbang, karena angka 0.5 saja sudah berpengaruh terhadap kesehatan.

Air alkali sendiri dapat diperoleh secara alami ataupun buatan. Air alkali alami dipercaya diambil langsung dari alam, terutama dari air pegunungan. Air yang mengalir dari mata air pegunungan membawa turut serta mineral dari batu-batuan yang dilewati, seperti kalsium, silica, potassium, magnesium, dan bikarbonat. Hal tersebut membuat air alkali memiliki kandungan basa yang tinggi.

Sementara, air alkali buatan diproses dengan sebuah mesin yang melalui sebuah proses kimia bernama elektrolisis. Proses tersebut menggunakan sebuah mesin bernama ionizer, yang berfungsi untuk meningkatkan pH air biasa. Aliran listrik dari mesin tersebut akan memisahkan molekul asam dan basa di dalam air, dan kemudian membuang kandungan asam tersebut. Namun, hal ini juga belum dijamin dengan penelitian mendalam.

Apa saja kegunaan air alkali?
Meskipun belum ada bukti kuat bahwa air alkali dapat menyehatkan tubuh, namun pada beberapa kasus, manfaat air alkali terbukti dapat menangani beberapa masalah kesehatan. Misalnya, pada sebuah penelitian di tahun 2012, alkali water dengan pH 8.8 ternyata dapat menonaktifkan pepsin, yaitu enzim yang bertanggung jawab terhadap kenaikan kandungan asam di dalam tubuh.

Selain itu, air alkali juga memungkinkan untuk memberikan manfaat seperti:

1. Meningkatkan kinerja tubuh

Manfaat air alkali dipercaya dapat menjaga kinerja tubuh manusia. Oleh karena itu, air alkali sering dibutuhkan oleh para atlet. Mengapa demikian? Ketika orang, terutama atlet, melakukan aktivitas fisik yang tinggi, ketegangan otot akan menghasilkan ion hydrogen yang lebih banyak dan meningkatkan kadar asam di dalam tubuh. Dengan demikian, air alkali dipercaya dapat menurunkan kadar keasaman tersebut.

Meski demikian, mengonsumsi air alkali yang terlalu banyak juga tidak baik bagi tubuh. Dalam beberapa kondisi, tidak semua organ tubuh memerlukan kandungan basa yang tinggi. Misalnya, dalam sistem pencernaan, keberadaan asam pada lambung diperlukan untuk proses pencernaan. Perut akan mencerna tubuh dalam kondisi asam yang berada pada angka 1.5 hingga 3.5.

2. Meringankan penyakit alzheimer dan diabetes

Manfaat air alkali selanjutnya yang mungkin akan Anda rasakan untuk meringankan penyakit Alzheimer dan diabetes. Air yang terionisasi terbukti mampu meringankan glikasi dan mengurangi risiko kerusakan hati yang diakibatkan kandungan gula. Glikasi merupakan reaksi di mana molekul gula sederhana seperti fruktosa atau glukosa menempel pada protein tanpa bantuan enzim. Hasil tersebut dapat berujung pada Alzheimer dan diabetes.

3. Menjaga kesehatan usus

Ternyata, manfaat air alkali dapat menjaga kesehatan usus. Beberapa kandungan pada air alkali dipercaya memiliki kemampuan sebagai disinfektan. Sehingga, membuat usus terhalau dari mikroorganisme yang berbahaya.

Efek samping konsumsi air alkali

Meski konsumsi air alkali dianggap aman, namun ada efek samping yang perlu diwaspadai. Seperti berkurangnya keasaman alami perut yang sebetulnya diperlukan untuk membunuh bakteri dan mengeluarkan patogen buruk dari aliran darah.

Melansir laman Healthline, Senin (27/11/2017), kondisi tubuh yang terlalu alkali bisa menyebabkan masalah gastrointestinal serta iritasi kulit. Kelebihan alkali juga mengganggu pH normal tubuh yang mengarah pada alkalosis metabolik, kondisi dengan simtom berikut: – mual – muntah – tangan gemetar – kejang otot – sensasi kesemutan ekstrem di wajah – kebingungan

Alkalosisi juga menyebabkan berkurangnya kalsium di tubuh sehingga memengaruhi kesehatan tulang. Meski begitu, penyebab paling umum hipokalsemia bukanlah dari mengonsumsi air alkali, melainkan dari kelenjar paratiroid yang kurang aktif.

Studi yang dipublikasikan oleh organisasi kesehatan dunia WHO sendiri memperingatkan untuk berhati-hati minum air dengan kandunga mineral rendah secara rutin.

Itu tadi manfaat air alkali bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply